Sejarah Panahan



Beralih ke halaman www.alvosporta.com untuk melihat “Busur panah”

Panahan sudah dimulai sejak 5.000 tahun yang lalu,pada zaman dahulu awalnya panahan hanya digunakan untuk berburu,kemudian berkembang menjadi senjata untuk berperang dan sekarang berkembang sebagai olahraga  ketepatan. Panahan berkembang pesat di Asia ,istilah sansekerta untuk panahan  adalah dhanurveda.

busur juring,busur junxing,busur juring apotema tali busur,busur jati tunggal,busur juring dan tembereng lingkaran,busur jawa,busur jati,busur kayu,busur koreaPada saat ini digunakan untuk istilah bela diri. Di Asia Timur (goguryo) ,satu dari tiga kerajaan korea terkenal dengan resimennya sangat berbakat dalam memanah.Sejauh ini busur tertua diketahaui datang dari rawa Holmegard di Denmark. Sekitar 10.000-9.000 SM. Panah dibuat dari kayu pinus dan terdiri dari poros utama dan sebuah poros depan sepanjang 15-20 sentimeter atau 6-8 inci dengan sebuah titik batu. Pada zaman dahulu orang menggunakan pelempar tombak dari pada busur karena dahulu tidak ditemukan busur ,hanya ditemukan poros bertitik. Meskipun pelempar tombak bertahan di samping busur di benua Amerika (Meksiko).Tetapi yang kita tahu busur tertua datang dari Yunani Kuno 2800 Sm.

Pada saat ini orang berbondong-bondong untuk mengikuti olahraga panahan, selain olahraga sunah panahan juga sangat bermanfaat bagi kita. Beberapa manfaat panahan diantaranya :

1.Membangun kesabaran
Ketika pemanah terburu-buru melemparkan anak panah maka ia akan gagal menembak titik merah di pusat papan sasaran, biasakan menarik nafas perlahan,mengendurkan ketegangan,rileks lalu lemparkan anak panah.Jangan terburu-buru melepaskan tangan karena akan mempengaruhi arah target anda.
2.Meningkatkan Fokus
Bagi seorang pemanah ,berkonsentrasi menatap papan target adalah hal yang harus ia lakukan.Fokus terhadap lingkaran merah yang mempunyai nilai paling tinggi dan merupakan pencapaian yang terbaik bagi seorang pemanah.
3.Meningkatkan nilai sosial
Ketika kita berlatih panahan,tidak hanya kita yang beridiri membidik papan target .namun di samping kita juga ada orang lain yang sedang melakukan kegiatan yang sama,maka dari itu secara tidak langsung kita akan berkomuniaksi dengan mereka.
4.Mensingkronkan mata dan tagan
Olahraga panahan juga sangat baik untuk jasmani kita,mulai dari melatih otot tangan dan mata kita.Dimana mata akan dilatih untuk melihat jarak jauh fokus dan konsentrasi melihat satu titik pusat dipapan target,mata akan semakin tajam. Untuk otot tangan ,membiasakan menarik busur maka otot tangan akan terbentuk dan kuat





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat latihan memanah di Sukabumi

Jual anak panah fiber di bandung

Jual busur panah modern